Apa Itu Kamera Mirrorless?

Info-Mirrorless - Apa Itu Kamera Mirrorless?  Kamera Mirrorless adalah sebuah kamera yang memiliki kualitas gambar setara dengan kamera DSLR namun tidak memiliki kaca (mirror) atau pentaprisma. Menurut perpustakaan online terkenal yaitu Wikipedia, Mirrorless(Mirrorless Interchangeable-Lens Camera(MILC)) adalah kamera dengan lensa interchangeable yang tidak memiliki viewfinder optik refleks cermin.

Kamera mirrorless masih masuk di bagian kamera interchangeable lens atau kamera yang bisa di ganti lensanya, seperti kamera single-lens reflex (SLR dan DSLR untuk model digital). Intinya kamera Mirrorless itu lebih simple dalam hal arsitekturnya dibandingakn dengan kamera DSLR.
kamera mirrorless
DSLR VS MIRRORLESS
Bingung ya? Mari kita bandingkan dengan cara kerja dari kamera DSLR. Kalau di DSLR cara kerjanya adalah cahaya masuk ke lensa setelah itu dari lensa tadi cahaya di pantulin pakai kaca(mirror) ke view finder.

Saat kita menekan/memencet tombol shutter maka kaca(mirror) tadi akan menutup ke atas menutup view finder dan akan membuka image sensor sehingga cahaya yang tadinya memantul ke view finder akan langsung memantul ke sensor.

Sedangkan pada kamera mirrorless, kaca(mirror) tadi di hilangkan sehingga cahaya dari lensa akan langsung masuk ke image sensor kamera.

Sehingga kita dapat langsung bisa melihat gambar melalui screen LCD yang ada di kamera Mirrorless, tetapi sudah ada kamera Mirrorless yang memiliki fitur view finder seperti kamera DSLR, namun di mirrorless namanya adalah electronic view finder.

Sejarah Singkat Kamera Mirrorless

Sudah lama sekali kamera DSLR menjadi idaman para pelaku fotografi, mereka tidak perlu lagi repot-repot mengganti gulungan film atau meraba-raba hasil jadi sebuah foto sampai tiba di kamar yang gelap.

Karena para fotografer telah di manjakan dengan semua fitur digital, mulai dari layar preview, pengaturan full-auto dan berbagai hal lain yang tentunya akan memudahkan para fotografer dalam mengambil gambar. DSLR pun mulai menempati posisi puncak kamera fotografi karena berbagai fasilitas yang di tawarkannya. 

Namun setelah hadirnya kamera mirrorless yang terus mengalami perkembangan dan perbaikan dalam setiap waktunya, kita tidak akan tahu apa yang terjadi dengan nasib dari kamera DSLR.

Banyak sekali fotografer profesional dalam maupun luar negri yang memprediksi bahwa kamera mirrorless akan menjadi kamera favorit para fotografer karena semakin hari kamera ini selalu mengalami perkembangan yang luar biasa ditambah dengan kelebihan-kelebihan yang dimilikinya dibandingkan dengan kamera DSLR.

Kamera mirrorless pertama adalah Epson R-D1 yang lahir pada tahun 2004. Namun saat itu kamera Mirrorless belum banyak menarik perhatian para pelaku seni digital. Hingga pada tahun 2008 perusahaan panasonic merilis kamera Mirrorlessnya bernama Panasonic Lumix DMC-G1 di jepang.

Inilah menjadi titik awal kamera Mirrorless mulai menarik bagi para fotografer-fotografer dunia, meskipun saat itu masih banyak sekali kekurangan yang di miliki kamera Mirrorless, tidak seperti sekarang yang sudah mengalami perbaikan-perbaikan dari berbagai sisinya.



Pada saat itu kamera Mirrorless masih hanya mengunggulkan body yang simple dan kemudahan dalam segi pembawaannya.

Hingga saat ini 2015, kamera Mirrorless menjadi semakin lebih powerfull dalam setiap sisinya. Tidak hanya simple dan ringan, namun fitur-fitur yang dimilikinya tidak kalah dengan kamera DSLR. Hal inilah yang menjadi alasan utama para fotografer yang mulai hijrah ke kamera Mirrorless.

Tidak hanya untuk fotografi, Kamera Mirrorless mulai diminati oleh para pelaku Videografer. Kamera Mirrorless semakin hari menjadi kamera favorit untuk melakukan pembuatan video karena berbagai kelebihannya. Salah satu fitur yang menarik adalah kemampuannya yang mencapai 100fps, berbeda dengan DSLR yang baru sekitar 50fps.

Salah satu fotografer professional yang talah mengakui kehebatan kamera Mirrorless adalah pakde Arbain Rambey, beliau pernah membandingkan dan mereview kamera Mirrorless pada suatu acara khusus fotografi di salah satu stasiun tv Indonesia yang bernama "Klik Arbain" (Salah satu acara favorit saya, hehe).

DSLR VS Mirrorless

DSLR

Berkembangnya teknologi tidak lain tidak bukan bertujuan untuk memperbaiki kekurangan pada teknologi pendahulunya. Dari perbaikan fitur dalam hingga perbaikan dalam hal design. Di bawah ini adalah beberapa kelemahan pada kamera DSLR :

- Ukuran body terlalu besar sehingga membuat kamera ini tidak praktis untuk di bawa kemana-mana, apalagi jika tempat yang kita datangi medannya sangat sulit seperti tebing, dll.
- Berat
- Harga yang lebih mahal karena kamera DSLR lebih komplek design dalamnya.
- Rentan terjadi Mirror Slap
- Terdengar Suara Shutter'nya
- Limitasi pada frame Speed
- Design sensor dan kaca yang rumit
- dll

Mirrorless

Dan hadirlah mirrorless sebagai solusi dari kekurangan yang dimiliki oleh kamera DSLR. Seperti di bawah ini saya akan memberikan beberapa kelebihan yang dimiliki oleh Kamera Mirrorless :

- Dari segi ukuran tentunya kamera Mirrorless lebih kecil karena pengilangan Kaca(Mirror)
- Ringan
- Harga lebih murah karena arsitekturnya yang lebih mudah daripada DSLR
- Tidak ada suara Shutter
- Lebih mudah dalam perawatan
- Frame Speed lebih tinggi
- Tidak akan terjadi mirror slap karena tidak adanya mirror
- Kualitas foto tidak kalah dengan kamera DSLR
- dll.

Bagi anda yang sedang bingung mau beli kamera Mirrorless atau DSLR sebaiknya anda pahami terlebih dahulu apa yang sebenarnya anda butuhkan. Jika anda memiliki budget yang lebih dan menginginkan kamera dengan banyak varian aksesoris dan tentunya genggaman tangan yang lebih mantap disarankan anda untuk memilih DSLR.

Namun jika anda seorang yang mendambakan hal yang praktis dan memiliki kualitas gambar yang bagus (tidak kalah dengan DSLR) maka Mirrorless lah yang seharusnya menjadi tujuan anda. So.. ini hanya pendapat pribadi saya, pilihan seutuhnya ada di tangan anda.



Atau mungkin anda hanya butuh untuk mengabadikan momen semata tanpa memperdulikan kualitas gambar yang dihasilkan, maka disarankan lebih baik anda membeli kamera saku saja atau kalau tidak lebih baik membeli smartphone yang memiliki kualitas kamera yang lumayan, mengingat smartphone saat ini pada segi kamera terus mengalami perkembangan yang cukup siginifikan setiap waktunya. Bahkan di gadang kamera smartphone mulai menumbangkan eksistensi dari kamera saku.

Sebagai catatan kamera Mirrorless dapat dipasangi berbagai lensa dari bermacam-macam jenis kamera DSLR seperti Nikon, Canon, Samsung, dll hanya dengan membelikan Adaptor lensa yang sesuai dengan lensa apa yang akan kita pasang, satu kelebihan lagi dari kamera Mirrorless yang patut anda pertimbangkan.

Menurut saya pribadi untuk saat ini pasar kamera Mirrorless malah di kuasai oleh pemain-pemain lama perusahaan kamera seperti Fujifilm, Panasonic, Olympus, dll. Berbeda dengan Nikon dan Canon misalnya yang masih merajai jajaran produsen kamera DSLR.


Untuk type sendiri yang masih menjadi favorit para fotografer adalah seperti  Olympus OM-D E-M10 II, Sony A7 II, Fuji X-T10, Fuji X-T1, Olympus OM-D E-M5 II, dll.

Nah itulah pengertian dan informasi tentang kamera Mirrorless yang saya ketahui, semoga informasi yang saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Baca Juga : 10 Kamera Mirrorless Terbaik 2015

Artikel Terkait Apa Itu Kamera Mirrorless? :